Rabu, 23 Januari 2013

manusia dan pandangan hidup


Materi Manusia Dan Pandangan Hidup

Setiap manusia pasti mempunyai pandangan hidup. Pandangan hidup itu bersifat kondrati karena dapat menentukan masa depan seseorang. Manusia diciptakan di dunia ini bersama perangkat akal dan budi yang merupakan pembeda manusia dengan makhluk lainnya. Dengan akal, dia bisa berfikir mana yang baik dan mana yang buruk. Seseorang bisa berhasil atau gagal tergantung dari manusianya itu sendiri. bagaimana dia mencari, menilai,dan menentukan pandangan hidup. Pandangan hidup yang baik bisa terbentuk dari pengaruh diri dan lingkungan sekitarnya. Namun faktor lingkungan ini sebenarnya memiliki andil yang sangat minimum karena tidak selalu orang yang berlingkungan potensif dapat terdukung untuk menjadi diri yang baik.
Dengan demikian pandangan hidup itu bukanlah timbul seketika atau dalam waktu yang singkat saja, melainkan melalui proses waktu yang lama dan terus menerus, sehingga hasil pemikiran itu dapat diuji kenyataannya.

Cita-cita adalah keinginan, harapan dan tujuan yang selalu ada dalam pikiran. Cita-cita yang merupakan bagian atau salah satu unsur dari pandangan hidup manusia, yaitu sesuatu yang ingin digapai oleh manusia melalui usaha. Apabila cita-cita itu tidak bisa terpenuhi, maka cita-cita itu sendiri di sebut dengan angan-angan. Dan kita sebagai manusia jangan cepat puas dalam mendapatkan sesuatu, karena kalau kita cepat puas kita tidak akan berusaha lagi untuk mendapatkan yang lebih baik lagi dari yang sebelumnya.

Usaha atau perjuangan adalah kerja keras untuk mewujudkan suatu cita-cita yang kita inginkan. Setiap manusia harus bekerja keras demi kelangsungan hidupnya. Perjuangan untuk hidup itu sudah kodrat manusia, tanpa usaha manusia tidak dapat hidup sempurna. Bila kita menginginkan sukses kunci nya kita harus berusaha dan berdoa.

 “Apabila kita gagal dalam melakukan sesuatu, camkan lah dalam diri kita sekali lagi. Karena dengan itu setiap kita gagal dalam melakukan seuatu kita akan mencobanya sekali lagi hingga berhasil”



Hal positif (+) yang dapat kita terapkan di kehidupan sehari-hari:
  • Kita sebagai manusia harus selalu berusaha untuk mencapai apa yang kita inginkan.
  • Selalu berusaha, berdoa, dan yakin bahwa kita dapat melakukannya.

Hal negatif (-) yang harus kita tinggalkan:
  • Jangan mudah menyerah, putus asa bila apa yang kita inginkan belum tercapai
  • Menjadi seseorang yang sombong, dan cepat puas.
  • Tidak punya rencana dan cita-cita di masa depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar