Senin, 28 Januari 2013

MATERI MANUSIA DAN KEGELISAHAN

KEGELISAHAN

Kegelisahan pasti dialami oleh setiap orang. Kegelisahan berasal dari kata gelisah yang berarti tidak tentram hatinya, selalu merasa khawatir, tidak tenang, tidak sabar, dan cemas. Seseorang yang mengalami kegelisahan biasanya akan mengalami beban dipikirannya dan menyebabkan dia tidak akan tenang dalam menjalankan aktifitasnya.Timbulnya rasa gelisah di dalam diri manusia dapat disebabkan karena adanya beberapa faktor, diantaranya yaitu : panik, kesulitan ekonomi, dan persiapan yang tidak matang. Namun untuk mengatasi kegelisahan kita dapat melakukan beberpa usaha, yaitu misalnya dengan bersikap tenang, intropeksi diri, berserah diri kepada Tuhan, dan bercerita kepada seseorang.

KETERASINGAN
          Keterasiangan berasal dari kata terasing, dan kata ini berasal dari kata dasar asng. Kata asing berarti sendiri, tidak dikenal orang. Sehingga kata terasing berati terisisihkan dari pergaulan, terpisahkan dari yang lain atau terpencil.

KESEPIAN
          Kesepian berasal dari kata sepi yang berarti sunyi, sehingga kata kesepian berarti merasa sunyi, tidak berteman.

KETIDAKPASTIAN
          Ketidakpastian berasal dar kata tidak pasti artinya tidak menentu, tidakdapat ditentukan, tanpa arah yang jelas atau tanpa asal usul yang jelas.
    

Hal positif yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari
  • Menjadikan kegelisahan sebagai energi positif.
  • Hadapi kegelisahan dengan tenang agar tidak menjadi beban pikiran.
Hal negatif yang harus dihindari dalam kehidupan sehari-hari
  • Kegelisahan yang berlebihan dan berkepanjangan.
  • Kegelisahan yang menggangu aktifitas sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar